Pages

Kamis, 08 Maret 2012

Nilai KKM


CARA MENETAPKAN NILAI
KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL / KKM

A.      RAMBU – RAMBU MENETAPKAN KKM
1.       KKM ditetapkan pada awal Tahun pelajaran
2.       KKM ditetapkan oleh forum KKG sekolah dengan melibatkan unsur komite atau Yayasan
3.       Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
4.       Nilai Ketuntasan Belajar Maksimal adalah 100
5.       Kriteria ditetapkan untuk masing-masing indikator idealnya 75 %
6.       Indikator kriteria penetapan nilai KKM adalah  :
a.       KOMPLEKSITAS ( Kesulitan & Kerumitan ) setiap KD yang harus dicapai oleh siswa, tingkat kompleksitas tinggi bila dalam pelaksanaannya menuntut :
-SDM
-          Memahami Kompetensi yang harus dicapai siswa
-          Kreatif dan Inofatif dalam melaksanakan pembelajaran
- WAKTU
-          Cukup lama karena perlu pengulangan
- Penerapan dan Kecermatan Peserta Didik yang tinggi
b.      KEMAMPUAN SUMBER DAYA PENDUKUNG  :
-Yaitu Ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, biaya, manajemen sekolah, komite sekolah dan kepedulian steakeholders sekolah.
c.       INTAKE SISWA ( Tingkat Kemampuan Rata-rata ), yaitu didasarkan pada tingkat pencapaian KKM siswa pada semester atau kelas sebelumnya.
7.       Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah kriteria ideal
8.       Nilai KKM dapat dicantumkan dalam LHBS/Raport sesuai model yang dipilih sekolah

B.      LANGKAH-LANGKAH MENETAPKAN KKM

KKM
INDIKATOR
KKM
KD
KKM
SK
KKM
MATPEL

ADA  3 ( TIGA ) CARA MENETAPKAN NILAI KKM, Yaitu  sbb :
1.       Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :
a.    Kompleksitas  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   1
=   2
=   3
b.    Daya Dukung  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   3
=   2
=   1
c.     Intake Siswa  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   3
=   2
=   1

Contoh  : Jika indikator memiliki kriteria kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang,  maka nilai KKM nya adalah  :

( 3+3+2 )  X 100  = 88,9
       9
Angka 9 adalah jumlah nilai tertinggi dari masing-masing kriteria yaitu : 3+3+3 = 9

2.       Dengan menggunakan Rentang nilai pada setiap Kriteria :
a.    Kompleksitas  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   50 - 64
=   65 - 80
=   81 - 100
b.    Daya Dukung  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   81 - 100
=   65 – 80
=   50 – 64
c.     Intake Siswa  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   81 - 100
=   65 – 80
=   50 – 64

Contoh  : Jika indikator memiliki kriteria kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang, maka nilai KKM nya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan.
Kompleksitas rendah
Daya dukung tinggi
Intake siswa sedang
: 81 – 100
: 81 – 100
: 65 – 80
Rata-rata
Rata-rata
Rata-rata
J u m l a h
=    90,5
=    90,5
=    72,5
=  253,5
NILAI KKM  = 253,5  :  3   =  84,5

3.       Dengan memberikan pertimbangan Profesional judgement pada setia kriteria
a.    Kompleksitas  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   1
=   2
=   3
b.    Daya Dukung  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   3
=   2
=   1
c.     Intake Siswa  :
-          Tinggi
-          Sedang
-          Rendah
=   3
=   2
=   1
Contoh  : Jika indikator memiliki kriteria kompleksitas rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang, maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100, yaitu intake siswa sedang. Jadi dapat menetapkan KKM nya antara  90 – 80.

C.      PETUNJUK PENGISIAN NILAI KKM

STANDAR KOMPETENSI,
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA
PENENTUAN KKM
KKM  %
K
IS
DD
1.1.    Melakukan perkalian dan pembagian 
bilangan sampai dua angka.

1.2.    ............................................................
1.3.    .............................................................
3


....
....
3


....
....
2


....
....
(3+3+2) X 100 = 88,9
         9

....................................
....................................






KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

MATA PELAJARAN
K E L A S
SEMESTER
TAHUN PELAJARAN
:
:
:
:
...................................................
7 / 8 / 9
I  ( SATU )
20 .... /  20 .....

KOMPEETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KRITERIA
PENETAPAN KETUNTASAN
KOMPLEKSITAS
SUMBER PENDUKUNG
INTAKE SISWA
NILAI KKM
PENDIDIK
SARPRAS






































































































































































































0 komentar:

Posting Komentar